Senin, 22 Februari 2016

ETIKA KOMUNIKASI


Terkadang seorang yang sudah memiliki gelar yang dibilang menguasai pemikiran yang tinggi dapat melakukan kesalahan dalam kehidupan sehari-harinya. Sebagai contoh adalah seorang dosen yang menguasai satu bidang pelajaran pun dapat melakukan kesalahan dari yang diajarkannya. Seseorang yang berbicara dengan orang lain, kemudian beliau ikut campur urusan orang lain tanpa diminta merupakan tidak ada etika komunikasi. Disadari atau tidak memang itulah yang terjadi pada kenyataannya. Beliau yang begitu menguasai bidang seperti psikologi komunikasi ataupun komunikasi massa pun tidak luput  dari kesalahan. Bagi orang berpikir positif adalah mungkin beliau sedang mencoba untuk teori yang pernah ada atau beliau bercanda dengan sikapnya. Tapi bagi orang lain pun tidak ada salahnya menilai beliau tidak memiliki etika dalam komunikasi. Disinilah menariknya dunia komunikasi, orang yang dianggap sudah ahli pun dapat tidak menyadarinya. Hal ini dapat menjadi sebuah bom waktu yang akan menyerang beliau. Disisi lain berita yang sudah berkembang akan merebak bagi khayalak kampus tersebut. Pandangan manusia yang menilai dari perilakunya tentu akan menilai tidak beretika dalam komunikasi. Etika menurut Drs.D.P.Simorangkir adalah pandangan manusia dalam berperilaku menurut ukuran dan nilai yang baik.

Kesadaran etis diperlukan manusia untuk mengetahui baik atau buruk. Cara berbicara yang sopan, cara menerima tamu di kantor atau di rumah dan cara berpakaian merupakan bentuk dari etiket. Etiket itu sendiri tidak tertulis dan harus ditaati pada lingkungan bermasyarakat. Etiket didukung oleh nilai-nilai berikut:

a)      Nilai-nilai kepentingan umum.

b)      Nilai-nilai kejujuran, keterbukaan, kebaikan

c)       Nilai-nilai kesejahteraan

d)      Nilai-nilai kesopanan, harga menghargai

e)      Nilai-nilai pertimbangan rasional, mampu membedakan sesuatu yang bersifat rahasia dan yang   bukan rahasia.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam berkomunikasi adalah sebagai berikut :

a)      Jangan mempergunjingkan orang lain;

b)      Jangan memotong pembicaraan

c)       Menjaga nada bicara, agar jangan terlalu keras

d)      Jika bersin sebaiknya mulut ditutup

e)      Menyimak lawan bicara atau memperhatikan lawan bicara

Kalangan pelajar dan mahasiswa pun tidak luput dari ketidaksadaran dalam ETIKA KOMUNIKASI. Etika Komunikasi itu sendiri memiliki pengertian norma, nilai atau ukuran tingkah laku baik dalam berkomunikasi di lingkungan bermasyarakat. Nilai-nilai yang ada pada etiket tidak sepenuhnya dilakukan atau ditaati kalangan dalam berkomunikasi. Dengan tidak menjalankan tiket, maka akan ada penilaian bagi pelajar atau mahasiswa yang tidak sadar dalam etika komunikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menghindar Keramain Kota,Dusun Bambu Bandung Aja

Bandung memang terkenal sebagai tujuan wisata yang menjadi pilihan pelancong di akhir pekan. Kita bisa wisata kuliner, wisata agro, wisata p...