Rabu, 21 Oktober 2015

Penipuan rekrut calon Pegawai PT.Mayora Indah Tbk

Sekarang ini modus penipuan saya katakan semakin mahir dan berani. Mereka mengatur sedemikian baiknya, dari cara pengetikan hingga template yang mereka gunakan. Dengan cara penulisan surat yang demikian membuat orang mudah untuk percaya. Template dalam surat undangan tersebut terkesan template kantor dari PT.Mayora Indah Tbk. Calon korban diberitahukan via email dan sms. Setelah email dikirim, kita akan diberitahu melalui sms. Dengan membaca surat undangan yang dikirimkan oleh Penipu pada awalnya, mungkin kita akan percaya karena ditata rapih sekali. Dari tanda tangan yang dibubuhkan mengaku sebagai Yusuf (HRD Recruitment) berikut dengan stempel/cap perusahaan PT.Mayora Indah Tbk.
Bahasa yang digunakan pada undangan ini adalah bahasa resmi, seperti umumnya digunakan pada surat resmi. Dari kualifikasi, persyaratan, dan ketentuan-ketentuan bagi calon peserta saya menilai sangat meyakinkan sekali. Ada juga tanya jawab yang dibuat pada  lembaran surat undangan. Bahkan untuk lebih meyakinkan lagi ada tembusan yang dibuat oleh si penipu. Ada tiga tembusan yang mendapat surat undangan tersebut. Tembusan kepada Human Resources PT.Mayora Indah Tbk,Depnaker ( Departemen Tenaga Kerja), dan Mayora (jobstreet). Cara berbicara mereka pun , layaknya seperti seorang pekerja yang sudah bertahun-tahun menekuni bidang pekerjaan seperti di perusahaan. Ketika dihubungi via telepon, tidak ada kesan seperti grogi atau rasa takut. Sepertinya mereka memang terlatih dalam hal penipuan.  

Ayo Skeptis
Bagi para pencari kerja yang mungkin sedang mengalami himpitan ekonomi atau sedang mengalami pikiran yang bercabang, mungkin tidak disadari bahwa dia hampir menjadi korban penipuan. Saya pernah membaca dari situs web sebuah perusahaan besar, agar jangan percaya terhadap penipuan bermodus penerimaan pegawai. Dalam menghadapi situasi seperti ini, sebaiknya kita mencari informasi sebanyak-banyaknya melalui media elektronik (internet) atau menghubungi perusahaan yang bersangkutan. Jangan terfokus pada persyaratan yang diberikan pada surat undangan. Contoh hal adalah batas reservasi terakhir pukul 17.00. Sebagai pencari kerja yang sudah berbulan-bulan, saya akan bersikap skeptis. Ketika saya menghubungi CS PT.Mayora Indah Tbk, dari pihak PT.Mayora Indah Tbk, menyatakan sebaiknya jangan dituruti.

Dengan mendapatkan penjelasan dari PT.Mayora Indah Tbk, maka akan semakin yakin bahwa ada modus penipuan yang dilakukan oleh bapak yusuf(mungkin nama samara) dengan nomor HP 082310132229. Diberitahukan oleh pihak PT. Mayora Indah Tbk, bahwa memang benar HRD mereka atas nama Frida dan Anastasia merupakan pegawai resmi mereka. Email yang saya konfimasikan memang betul email dengan domain kantor mereka. Lebih ditekankan lagi dalam menilai diri kita apakah layak untuk bergabung dengan perusahaan tersebut. Dikarenakan dalam waktu satu hari melamar, kita sudah mendapat panggilan untuk tahapan seleksi. Untuk itu diperlukan sikap skeptis.

 "Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri."(Bung Karno)

Berikut adalah Surat Undangan Panggilan Tahapan Seleksi PT.Mayora Indah Tbk :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menghindar Keramain Kota,Dusun Bambu Bandung Aja

Bandung memang terkenal sebagai tujuan wisata yang menjadi pilihan pelancong di akhir pekan. Kita bisa wisata kuliner, wisata agro, wisata p...