Sabtu, 28 Mei 2016

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DI ERA MILLENIUM



Akan kemana kru kamera penyiaran?

Perkembangan teknologi di Era Millenium ini selain memiliki fitur yang canggih, dapat juga memiliki manfaat lain. Hal ini merupakan jawaban dari pengetahuan yang tidak terbatas. Dimana setiap alat yang dihasilkan melahirkan inovasi yang lebih baik dari generasi sebelumnya. Perkembangan teknologi tentunya akan membawa dampak yang baik di masa depan ataupun dampak yang buruk.
Australia memulai dengan penyiaran tanpa kehadiran kru kamera. Hal ini dapat terjadi dengan adanya teknologi yang bernama smartgrip. Dengan smartgrip, seorang reporter dapat melakukan peliputan dengan individu. Smartgrip merupakan alat yang menyerupai tongsis dapat menjadi pengganti tripod bagi kamera handphone dan disertai mic. Hal ini baik dirasakan karena dari segi biaya akan mengurangi pengeluaran dan dalam efisiensi waktu dapat dirasakan pula.
Disisi lain perkembangan teknologi membantu manusia dalam pekerjaan, tetapi disisi lain keberadaan manusia dapat disingkirkan. Hal yang mungkin dapat terjadi di Indonesia, apabila teknologi canggih ini diterapkan pada penyiaran di Indonesia. Tetapi, disisi lain kemampuan dan skill reporter akan bertambah untuk dapat bertahan pada posisinya. 

Smart City
Program pemerintah sebagai kota yang cerdas pun tidak luput dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Pegawai diajak untuk mengenal dan belajar teknologi informasi komunikasi.Sebagai contoh adalah Laporan dapat dilaporkan melalui email atau pun handphone yang sudah dapat mengakses email ataupun melalui aplikasi yang dapat didownload. Suatu kemajuan yang didapat bagi individu dan bangsa ini sendiri. Profesionalisme pegawai dalam teknologi informasi komunikasi akan bertambah seiring dengan pendidikan yang didapatkan. Suatu wujud akan dukungan revolusi mental dari pemerintah, masyarakat dan pengusaha.
Dengan adanya perkembangan teknologi informasi komunikasi, metode- metode yang lama akan tergantikan dengan metode yang baru. Kita harus siap dalam menghadapi globalisasi yang terus menuntut manusia untuk mempelajari dan mengikutinya. Manusia yang maju adalah manusia yang mau mengikuti perkembangan zaman dan siap untuk menerimanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menghindar Keramain Kota,Dusun Bambu Bandung Aja

Bandung memang terkenal sebagai tujuan wisata yang menjadi pilihan pelancong di akhir pekan. Kita bisa wisata kuliner, wisata agro, wisata p...