Rabu, 01 Juni 2016

TELEPATI dan ILMU KOMUNIKASI



Telepati dan ilmu komunikasi merupakan ilmu terapan yang berbeda. Dalam telepati tidak menggunakan alat komunikasi ataupun adanya sebuah gerakan tubuh. Dengan perkembangan teknologi yang ada, manusia dapat mencari atau memberikan kabar dengan segera tanpa harus melakukan telepati. Telepati mungkin dipercayai dapat mengirimkan sebuah pesan kepada orang lain, tetapi tanpa disadari itu dapat membuat prasangka buruk. 

Apakah telepati termasuk dalam komunikasi? Tentu saja tidak, karena dalam hal ini orang yang mengirimkan pesan tidak melakukan komunikasi secara lisan atau tulisan.  Komunikasi adalah pesan yang disampaikan oleh seorang komunikator kepada komunikan. Komunikasi yang terjadi dapat mencapai kesamaan makna apabila komunikator dan komunikan saling memahami.

Dalam ilmu komunikasi, kita dapat menyampaikan pesan melalui telepon, email, ataupun berbicara secara tatap muka, sehingga dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Komunikasi yang terjadi dapat sama makna, apabila kita memiliki pengetahuan atau dapat komunikator memiliki pengetahuan yang tidak diketahui oleh komunikan.

Dalam telepati tidak terdapat komponen-komponen saluran yang digunakan dalam menyampaikan sebuah idea tau gagasan. Sehingga penerima pesan tidak melakukan umpan balik. Proses komunikasi itu sendiri adalah adanya komunikator, pesan, dan komunikan serta komunikan memberikan umpan balik. Untuk itu telepati tidak dapat termasuk kedalam ilmu komunikasi.

Teknologi sekarang ini memang dibuat untuk menjawab tantangan yang belum terjawab. Semoga saja ada teknologi yang menjawab untuk penderita tuna wicara. Sehingga mereka mampu mengembangkan pikiran dan turut serta dalam pembangunan manusia.

SELAMAT HARI PANCASILA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menghindar Keramain Kota,Dusun Bambu Bandung Aja

Bandung memang terkenal sebagai tujuan wisata yang menjadi pilihan pelancong di akhir pekan. Kita bisa wisata kuliner, wisata agro, wisata p...