Sabtu, 04 Juni 2016

KEBUDAYAAN TIDAK TERBATAS TERITORI




Kebudayaan merupakan sebuah identitas dari suatu bangsa. Kebudayaan itu sendiri ada di sebuah negara dan dapat berkembang atau dilestarikan di negara lain oleh komunitas dari suku tersebut. Masalah yang pernah timbul dan terjadi adalah kesalah pahaman dalam menafsirkan akan kepemilikian budaya. Budaya tidak dapat dilarang dimanapun selama ia memiliki nilai luhur yang baik dan suatu Negara tidak dapat melarang akan keberadaan budaya Negara lain. Peran dari komunitas pada suatu wilayah ini memiliki makna bahwa kehadiran mereka akan selalu membawa budaya mereka. Sebagai contoh adalah komunitas mandailing di Malaysia, yang ingin memperkenalkan budaya dari mandailing. Migrasi penduduk tentunya akan membawa dampak baik ekonomi, budaya, politik.  Dalam budaya, komunikasi antar budaya yang terjalin akan melahirkan persatuan dan menjaga kedamaian. komunikasi antarbudaya adalah setiap proses pembagian informasi, gagasan atau perasaan diantara mereka yang berbeda latar belakang budayanya. Proses pembagian informasi itu dilakukan secara lisan dan tertulis, juga melalui bahasa tubuh, gaya atau penampilan  pribadi, atau bantuan hal lain di sekitarnya yang memperjelas pesan (liliweri,2004:9).

Komunitas Mandailing Malaysia ini bertujuan untuk memperkenalkan kebudayaan mandailing di negeri jiran tersebut. Komunitas ini pun menjalin kerja sama dengan komunitas mandailing yang ada di Indonesia. Dengan adanya komunitas tersebut dimalaysia, diharapkan kebudayaan akan dari komunitas ini dapat dipelajari secara sadar. Kesadaran ini mendorong orang untuk melakukan eksperimen bagi komunikasi antarbudaya yang efektif. William Howel (1982, dalam Liliweri,2004:225). Media Televisi sebagai saluran komunikasi antarbudaya, memiliki peran untuk memperkenalkan kebudayaan dari seluruh dunia. Contoh yang ada adalah kebudayaan india, yang terkemas dalam sinetron. Sinetron juga dapat menjadi proses pemebelajaran akan kebudayaan dari luar. Hal ini dapat menjadi daya tarik bagi masyarakat Indonesia yang senang dengan sinetron dari India. Tentunya pemebelajaran ini terasa oleh pembawa acara pada salah satu siaran televisi Indonesia yang menayangkan acara promosi untuk sinetron tersebut. Pertukaran kebudayaan pun terjadi antara pendukung program dengan artis dari India tersebut.
Referensi :
Romansa Cinta Uttaran(live ANTV 18:30)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menghindar Keramain Kota,Dusun Bambu Bandung Aja

Bandung memang terkenal sebagai tujuan wisata yang menjadi pilihan pelancong di akhir pekan. Kita bisa wisata kuliner, wisata agro, wisata p...