Jumat, 17 Juni 2016

KURANGNYA PENGAMALAN SILA KE 4 PANCASILA

Indonesia merupakan negara yang memiliki sistem pemerintahan Demokrasi Pancasila. Di usia negara yang mencapai 70 tahun, untuk sebuah pemilu demokrasi dinyatakan berhasil, tetapi tidak pada hal lainya. Sesuai dengan dengan isinya "kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan". Sebagai masyarakat yang berbhineka tunggal ika, kita dianjurkan untuk selalu rukun dalam bermasyarakat. 

Kurangnya pengamalan pada sila ke 4 ini dirasakan untuk pembangunan rumah ibadah. Selain persyaratan administratif dan persyaratan teknis KTP pengguna rumah ibadat paling sedikit 90 orang yang disahkan oleh pejabat setempat. Selain itu ada pula persyaratan 60 dukungan masyarakat desa yang disahkan lurah/kepala desa. pada penduduk setempat.  Hal ini dimaksudkan kita diajak untuk bermusyawarah untuk mencapai kesepakatan. Hal ini pula mengajarkan kita untuk dapat toleran terhadap sesama umat beragama. 

Sila ke 4 mengajarkan kita untuk mengutamakan kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi dan golongan. Dengan menyadari fungsi dan kegunaan dari tujuan tersebut, kita akan mengutamakan kepentingan bersama. Kejadian yang sudah disiarkan oleh media televisi, sebaiknya menjadi pelajaran bagi masyarakat untuk dapat mengevaluasi peristiwa yang terjadi. Indonesia ada bukan karena kita sama, kita ada karena kita beragam.  

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menghindar Keramain Kota,Dusun Bambu Bandung Aja

Bandung memang terkenal sebagai tujuan wisata yang menjadi pilihan pelancong di akhir pekan. Kita bisa wisata kuliner, wisata agro, wisata p...