Rabu, 19 April 2017

KOMUNIKASI VERTIKAL & HORIZONTAL YANG GAGAL

Komunikasi vertikal adalah komunikasi antara karyawan dengan pimpinan, sedangkan komunikasi horizontal adalah komunikasi antara karyawan dengan karyawan lainnya atau komunikasi antar bagian dalam suatu organisasi.

Dalam organisasi sebuah komunikasi menjadi jembatan untuk menjalankan visi dan misi perusahaan. Pesan maupun makna yang disampaikan melalui komunikasi dapat mengalami kegagalan akibat pengolahan pesan yang tidak diolah dengan baik. Sikap spontan memang ada dalam komunikasi. Hal ini wajar saja karena sebagai manusia, kita dapat dipengaruhi dari kondisi fisik ataupun lingkungan yang tidak mendukung untuk mengolah informasi tersebut. Perbedaan pandangan antar divisi pun dapat terjadi, apabila tetap mempertahankan pandangan tiap divisi.

Pada contoh kasus, ada baiknya pimpinan untuk dapat mengolah informasi yang diterima agar karyawan tidak mendapat tekanan sebagai beban. Sebagai pimpinan memang memiliki wewenang untuk menolak, tetapi jika informasi yang diterima pimpinan kurang diolah sebagai akibat kurangnya pengetahuan akan informasi tersebut, tidak lebih pimpinan tersebut akan terlihat sebagai pelawak di mata karyawan.

Pengolahan pesan yang baik sebagai sumber untuk menyatukan persepsi menjadi hal yang tidak dapat ditolak. Apabila hal ini terjadi, maka perdebatan sebagai hasil dari komunikasi yang terjadi, baik itu komunikasi vertikal ataupun komunikasi horizontal. Saya pernah membaca tulisan Eileen Rachman pada media Facebook, " kita harus selalu mampu mencerna informasi, baik itu data maupun fakta baru dengan tepat".

Hal seperti ini tentu akan meredam perdebatan pada komunikasi yang terjadi. Pola pikir yang destruktif pun dapat terhindar dengan pengolahan pesan yang baik. Eileen Rachman sepakat akan arti dari komunikasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menghindar Keramain Kota,Dusun Bambu Bandung Aja

Bandung memang terkenal sebagai tujuan wisata yang menjadi pilihan pelancong di akhir pekan. Kita bisa wisata kuliner, wisata agro, wisata p...