Sabtu, 10 Oktober 2015

DUA KEPRIBADIAN

Seorang Master (S2) Dra.Destrina N.Sahari,MA,mengingatkan jangan memiliki dua kepribadian. Sikap Skeptis ini muncul akan maksud dari pernyataan beliau. Dua kepribadian adalah suatu kepribadian dimana kepribadian individu terpecah sehingga muncul kepribadian yang lain. Penderita yang memiliki kepribadian ganda tidak menyadari,bahwa tidak mengenal dan lebih parah lagi kadang-kadang dua pribadi ini saling bertolak belakang sifatnya. Sebagai contoh adalah, ketika seorang mahasiswa sidang skripsi mahasiswa tersebut  merasa gugup dihadapan penguji, dan kebetulan sifat kepribadiannya yang lain memiliki kepribadian yang berani dan percaya diri. Disisi lain adalah ketika ingin melakukan pekerjaan dia mempunyai sifat optimisme, yang segala dipikiranya adalah baik dan itu menyenangkan. Namun dalah pekerjaan lain dia dapat bersifat pesimisme, dalam pikirannya terdapat berbagai macam hal buruk.          
Halusinasi dapat membuat orang menjadi stres, dikarenakan setiap kegiatan yang akan dilakukan akan mengurangi konsentrasi. Saya pernah mengalami halusinasi penglihatan dan halusinasi pendengaran. Halusinasi dapat memungkinkan sesorang memiliki dua kepribadian. Dengan pengetahuan yang kurang,seseorang dapat saja mengikuti halusinasi baik dari pendengaran atau penglihatan,penciuman,peraba dan perasa.  Memang dirasakan sangat berat ketika dalam pekerjaan kita mendapatkan sebuah halusinasi, namun itu saya jadikan sebuah tantangan dan sikap skeptis.
Seorang yang ahli dibidangnya ini memang memberi saran yang baik dalam menghadapi tantangan kedepan. Dua kepribadian ini ibarat sebuah kapal yang dijalankan oleh dua (2) nahkoda. Begitu juga seperti tubuh kita, tidak akan baik jika dua kepribadian berlangsung secara terus-menerus. Percaya diri sangat diperlukan dalam kehidupan kita, untuk menghindari sikap pesimisme. Dalam hal ini seseorang akan dapat menjadi berkembang secara otomatis.

“Saya tidak perduli dengan warnamu,selama anda menjadi diri anda maka saya akan berjalan bersama anda.”

Manuntun Aruan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menghindar Keramain Kota,Dusun Bambu Bandung Aja

Bandung memang terkenal sebagai tujuan wisata yang menjadi pilihan pelancong di akhir pekan. Kita bisa wisata kuliner, wisata agro, wisata p...