Kamis, 31 Maret 2016

YU SADAR HUKUM!!!


menurut perundang-undangan yang berlaku”(pasal 1 butir 1) Hak cipta di Indonesia juga mengenal konsep “hak ekonomi” dan “hak moral”. Hak ekonomi adalah hak untuk mendapatkan manfaat manfaat ekonomi atas ciptaan, sedangkan hak moral adalah hak yang melekat pada diri pencipta atau pelaku (seni, rekaman, siaran ) yang tidak dapat dihilangkan dengan alasan apapun, walaupun hak cipta terkait telah dialihkan. Contoh hak moral adalah pencantuman nama pencipta pada ciptaan, walaupun misalnya hak cipta atas ciptaan tersebut sudah dijual untuk dimanfaatkan pihak lain. Hak moral diatur dalam pasal 24-26 Undang-undang Hak Cipta.

Produk-produk yang ada di pasar banyak yang menjual dengan produk bermerek luar negeri, hal ini tentunya merugikan pemegang paten dari suatu produk. Sebagai contoh adalah tas, Hak cipta adalah hak ekslusif adalah “hak ekslusif bagi bagi pencipta atau penerima hak untuk mengumunkan atau memperbanyak ciptaannya atau memberikan izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan  sepatu, Pelanggaran yang terjadi di Indonesia ini belum memiliki persetujuan dengan Pemegang Paten.

Pemerintah sudah memberikan pengumuman dalam mengenai hak cipta di berbagai pusat perbelanjaan. Hal ini sebagai antisipasi pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh penjual dengan produk bermerk tanpa persetujuan Pemegang Paten. Kesadaran hukum memang terus disosialisasikan oleh berbagai intansi ataupun lembaga. Masayarakat yang terus berkembang, harus disadari dengan berbagi aspek. Pedagang yang tetap menjual produk ini tidak perduli dengan stigma yang melekat pada dirinya.

 

Selasa, 22 Maret 2016

AKSI DEMO PENGEMUDI TAKSI


Demonstrasi yang dilakukan beberapa supir taksi di Jakarta dari berbagai perusahaan taksi, merupakan bentuk kekecewaan yang dirasakan oleh pengemudi yang tergabung dalam Paguyuban Pengemudi Angkutan Darat se-Jadetabek. Rasa ketidakadilan memberikan dampak emosional kepada demonstran ini. Amarah yang terdapat pada sebagian pengemudi ini menimbulkan aksi anarkis (detik.com).  Amarah memang ibarat percikan korek api kecil, tapi dengan percikan kecil itu, Anda bisa membakar habis rumah. Penilaian baik yang sudah dibangun bertahun-tahun, mendapat coreng dalam satu hari. Disayangkan sekali aksi anarkis yang dilakukan oleh gabungan dari beberapa supir taksi.

Penanganan konflik sudah dilakukan dari pihak Blue Bird sebelum demo berlangsung dengan memberikan pengumuman. Pemimpin dari perusahaan ini memang sudah menghimbau untuk tidak berdemo dan menghindari wilayah terjadinya aksi demo serta perusahaan tidak bertanggung jawab atas aksi ini.  Himbauan seperti ini seharusnya ditaati oleh pengemudi untuk menghindari kerugian yang akan dialami. Sebagai pengemudi yang merupakan anggota tim dari perusahaan ini, seharusnya mengetahui apakah mereka sudah memenuhi harapan. Ini merupakan pukulan bagi team builder perusahaan taksi tersebut. Umpan balik perorangan yang konsisten , secara lisan pun diberikan oleh pemimpin tim (detik.com).

Pernyataan pun dikeluarkan dari pimpinan tertinggi perusahaan dengan memberikan pelayanan taksi 24 jam gratis di Jakarta selama satu hari. Hal ini baik dilakukan untuk mendapatkan kembali kepercayaan dari konsumen taksi.

 

Rabu, 16 Maret 2016

TRANSPORTASI ILLEGAL DAN LEGAL


Promosi atau iklan untuk bergabung dengan salah satu transportasi online dapat dilakukan melalui medsos seperti Facebook. Persyaratan yang diajukan adalah dengan memiliki kendaraan perakitan 2011 dan mengisi formulir dapat menjadi partner dari transportasi online ini. Salah satu partner transportasi online ini mengatakan kita hanya memerlukan SIM dan SKCK. Hal tersebut diutarakan pada saat acara Indonesia Lawyer Club hari selasa, 15 Maret 2016.
Perbandingan dari tarif harga memang terasa bagi konsumen. Dengan tarif awal Rp 3.000 dan per KM kisaran Rp 2.000 dirasakan konsumen lebih irit dalam biaya perjalanan. Menurut Juru bicara paguyuban transportasi online yang juga partner perusahaan tersebut, dalam sehari mereka mendapatkan penghasilan Rp 400.000. Pendapatan yang diperoleh naik 60% dari penghasilan yang didapat dari bekerja di perusahaan taksi resmi sebelumnya. Bahkan beliau juga mengatakan banyak pengemudi dari perusahaan taksi resmi ingin segera bergabung dengannya. Dengan aplikasi yang dimiliki memang dirasa membantu bagi pengemudi. Dengan pemesanan online pengemudi tidak perlu mencari penumpang dengan mengitari jalan – jalan Ibukota.
Hal ini tentunya merupakan persaingan yang tidak adil bagi pemilik koperasi taksi. Dalam hukum, koperasi taksi terdaftar sebagai transportasi umum. Sedangkan untuk Uber atau Grab mereka tidak memilki ijin seperti perusahaan taksi lainnya. Pihak ekspress Group merasakan tidak adilnya pemerintah yang menutup mata atas kejadian ini. Tarif taksi resmi ditentukan oleh pemerintah, sedangkan untuk transportasi online mereka yang menentukan tarif tersebut. Menurut pihak dari KEMKOMINFO, uber merupakan perusahaan teknologi yang memanfaatkan transportasi. Anggota DPR yang diundang dalam acara tersebut menyatakan, “kewajiban pemerintah untuk menyediakan sarana transportasi umum”. Penyelenggaraan ini melalui BUMN ataupun BUMND. Beliau menyarakan agar partner Uber dan Grab menaati hukum yang berlaku.   
Pihak Perhubungan sudah berkali-kali melakukan sosialisasi mengenai persyaratan untuk menjadikan transportasi umum. Dari pihak perhubungan akan menertibkan kendaraan liar yang beroperasi tanpa ijin. Rapat yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan dan Kementerian Komunikasi dan Informatika membahas mengenai transportasi online.  Disela- sela perbincangan itu Menteri Komunikasi dan Informatika mengatakan melalui telepon, “grab akan menjadi koperasi taksi seperti perusahaan taksi lainnya.” Modernisasi memang terjadi di Indonesia dalam hal transportasi. Ridwan Saidi pun menyayangkan banyaknya khalayak yang tidak mengerti akan pengertian transportasi umum. Hal ini disadari Ridwan Saidi di akhir acara tersebut.
Sumber : Indonesia Lawyers Club

Jumat, 11 Maret 2016

KASIH


CUKUPLAH PEMBENARAN ALKITAB

Tuhan adalah pencipta langit dan bumi beserta isinya, semua adalah miliknya. Dalam 6 hari Ia menyelesaikan pekerjaan-Nya. Manusia pertama terbentuk dari debu tanah dan hawa terbentuk dari tulang rusuk laki-laki dan ditutup daging oleh Allah. Kita sebagai manusia sudah selayaknya menjadi bagian bersama-sama dengan Allah. Allah membentuk manusia dari tanah. Manusia memang sesuai citra Allah, tetapi tidak dapat memiliki kekuatan Allah. Salah satu contoh adalah Hawa tergoda oleh iblis dikarenakan rayuan yang dapat membuat manusia jatuh kedalam dosa. Keinginan untuk serupa dengan Allah membuat manusia diusir dari Taman Eden. Allah turun ke bumi, yaitu Yesus Kristus. Dia yang berasal dari Roh Kudus dan hbDia lah yang menebus dosa manusia. Di zaman sekarang ini banyak manusia yang mudah tergoda. Dalam kehidupan sehari-hari pun, Keinginan duniawi memang menggoda untuk melakukannya melalui segala cara. Bapa di surga tidak akan pernah meninggalkan anak-Nya. Renungan harian ibarat penuntun hidup kita sehari-hari.  Dalam ayat-ayat Alkitab, kita akan mendapat hikmat dan wahyu yang diberikan dari Tuhan.


Bagaimana hidup yang diinginkan Allah?

Tuhan ingin kita selalu berdoa dan berserah kepadaNya. Akal,jiwa dan hati menyatu didalam Kristus. Semua yang diinginkan Allah adalah hidup yang menuju surga. Kasih terhadap sesama adalah yang diinginkan dalam hidup. Sebagai contoh memberi,jangan karena kasihan terhadap sesorang tetapi milikilah kasih seperti yang diajarkan Tuhan kita. Dari mengasihi kita akan mendapatkan berkat atau karunia yang melimpah dari Tuhan. Tirulah teladan dari orang yang memiliki kasih. Tuhan menginginkan kita percaya kepada-Nya. Percaya kepada Firman Tuhan yang sudah tertulis. Dalam kehidupan sehari-hari atau dalam kehidupan berkeluarga pun ada penghakiman atau isu buruk yang terlontarkan. Terkadang kita menilai buruk akan orang lain yang akan menjadikan penghakiman bagi orang lain. Hal itu yang tidak diinginkan oleh Allah kita. Lihatlah diri kita sendiri sebelum kita menghakimi orang lain. Matius 7 :3 berkata : Mengapakah engkau melihat selumbar di mata saudaramu, sedangkan balok didalam matamu tidak engkau ketahui.

Minggu, 28 Februari 2016

FENOMENA VLOG di YOUTUBE INDONESIA

Video-Blogging, atau bisa disingkat vlogging (diucapkan Vlogging, bukan V-logging), atau vidblogging, merupakan suatu bentuk kegiatan blogging dengan menggunakan medium video di atas penggunaan teks atau audio sebagai sumber media utama. Berbagai perangkat seperti ponsel berkamera, kamera digital yang bisa merekam video, atau kamera murah yang dilengkapi dengan mikrofon merupakan modal yang mudah untuk melakukan aktivitas video blogging. (https://id.wikipedia.org/wiki/Video_blogging). Aktivis vlog ini  mempunyai tim dalam membuat suatu program acara. Mereka terdiri dari kameraman, editor, dan membuat efek lagu sendiri. Bahkan ada pula vlog yang merangkap dan bekerja individu. Ide kreatif mereka dituangkan dalam media Youtube. Youtube adalah sebuah situs web berbagi video, menggugah ataupun pengguna dapat menonton video. Dengan tersedianya media seperti youtube inovasi pada media massa dapat terjadi.
 
Teori Difusi Inovasi merupakan pendekatan yang digunakan dalam komunikasi pembangunan, terutama di negara berkembang seperti di Indonesia atau dunia ketiga. Everett M. Rogers mendefinisikan difusi sebagai proses dimana suatu inovasi dikomunikasikan melalui saluran tertentu dalam jangka waktu tertentu  di antara para anggota suatu sistem sosial. Difusi adalah suatu jenis khusus komunikasi yang berkaitan dengan penyebaran sebagai pesan-pesan sebagai ide baru. Sedangkan komunikasi adalah proses dimana para pelakunya menciptakan informasi dan saling bertukar informasi tersebut untuk mencapai pengertian bersama. Unsur utama dari difusi adalah (a) inovasi; (b) yang dikomunikasikan melalui saluran tertentu; (c) dalam jangka waktu tertentu; (d) diantara para anggota suatu sistem sosial.
 
Fenomena yang terdapat dalam vlog dapat berupa wawancara, liputan, kegiatan sehari-hari dari pembuat vlog tersebut, komedi ataupun dapat berupa pengetahuan. Hal ini serupa dengan fungsi komunikasi massa yang dikemukakan oleh Effendy (1993),yaitu fungsi sebagai informasi. Fungsi informasi ini diartikan bahwa media massa adalah penyebar informasi bagi pembaca, pendengar atau pemirsa. Berbagai informasi dibutuhkan oleh khalayak media massa yang bersangkutan sesuai dengan kepentingannya. Dalam vlog tersebut kita dapat belajar musik, teknik kamera ataupun kita dapat belajar bahasa asing. Sedangkan menurut Dominick (2001) fungsi komunikasi massa bagi masyarakat adalah sebagai hiburan (Entertaint), dalam vlog yang terdapat di youtube banyak yang menampilkan komedi pada vlog mereka. Ada juga film pendek yang dibuat oleh Agung Hapsah. Tayangan yang mereka tampilkan memang menarik. Kritikan dan masukan antar vlog pun tidak luput dari ide kreatif mereka.

Model komunikasi yang digunakan dalam komunikasi massa ini adalah uses and gratification. Model ini tidak tertarik apa yang dilakukan media pada diri seseorang, tetapi ia tertarik pada apa yang dilakukan orang terhadap media. Khalayak dianggap aktif menggunakan media untuk memenuhi kebutuhannya. Dalam vlog, khalayak menggunakan media medsos untuk berinteraksi dengan pemilik vlog. Bagi individu tertentu interaksi sosial yang terjadi dapat memenuhi kebutuhan komunikan. Sebagai contoh adalah vlog milik Agung Hapsah yang memberikan teknik penggunaan kamera yang memuaskan kebutuhan individu tertentu. Dapat juga vlog milik Raditya Dika yang mewawancarai penulis novel Dewi Lestari. Bagi penggemar Dewi Lestari, tentunya akan memberikan kepuasan dalam membedah novel yang ditulisnya. Youtube merupakan alternatif fungsional bagi interaksi yang sesungguhnya.

Referensi :
1. WIKIPEDIA
2. KOMUNIKASI MASSA Suatu Pengantar edisi revisi.Bandung : Penerbit buku SIMBIOSA REKATAMA MEDIA

Menghindar Keramain Kota,Dusun Bambu Bandung Aja

Bandung memang terkenal sebagai tujuan wisata yang menjadi pilihan pelancong di akhir pekan. Kita bisa wisata kuliner, wisata agro, wisata p...