Kamis, 07 April 2016

Pemerintahan yang Bersih


Pembentukan Pemerintah yang bersih adalah cita-cita yang sudah lama diidamkan. Di era sekarang ini mungkin sekali untuk membentuk sebuah pemerintahan yang bersih. Dengan adanya lembaga seperti KPK, diharapkan dapat menjawab tantangan yang pernah lama padam di era sebelumnya. Hal ini harus mendapat dukungan dari lapisan masyarakat. Penangkapan beberapa Pejabat Negara oleh KPK merupakan wujud nyata akan Pemerintahan yang bersih.

Usaha yang dilakukan oleh KPK baru-baru ini adalah mencegah adanya manipulative corruption. Dengan melakukan penangkapan terhadap seorang Ketua anggota DPRD DKI yang diduga menerima suap terkait Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang zonasi dan pulau-pulau kecil dan Raperda tentang Rencana Tata Ruang (RTR) kawasan strategis Pantai Utara Jakarta (Pantura) yang masih dibahas anggota DPRD DKI. Manipulative corruption merujuk pada usaha kotor yang dilakukan untuk mempengaruhi kebijakan yang dilakukan pemerintah untuk mendapat keuntungan yang setinggi-tingginya.

Karakter pemimpin yang dibutuhkan untuk memimpin adalah berani menindak dengan tegas pelaku yang melanggar undang-undang. Memiliki wawasan yang luas dan mampu mengkomunikasikan segala tindakan dengan baik.

Sebagai pejabat negara yang telah disumpah memang baiknya untuk mengamalkan UUD 1945. Penting dan utama adalah kepentingan umum diatas kepentingan pribadi. Disayangkan sekali, hasil dan reputasi yang sudah dibangun bertahun-tahun harus hilang ditelan kasus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menghindar Keramain Kota,Dusun Bambu Bandung Aja

Bandung memang terkenal sebagai tujuan wisata yang menjadi pilihan pelancong di akhir pekan. Kita bisa wisata kuliner, wisata agro, wisata p...