Minggu, 28 Februari 2016

FENOMENA VLOG di YOUTUBE INDONESIA

Video-Blogging, atau bisa disingkat vlogging (diucapkan Vlogging, bukan V-logging), atau vidblogging, merupakan suatu bentuk kegiatan blogging dengan menggunakan medium video di atas penggunaan teks atau audio sebagai sumber media utama. Berbagai perangkat seperti ponsel berkamera, kamera digital yang bisa merekam video, atau kamera murah yang dilengkapi dengan mikrofon merupakan modal yang mudah untuk melakukan aktivitas video blogging. (https://id.wikipedia.org/wiki/Video_blogging). Aktivis vlog ini  mempunyai tim dalam membuat suatu program acara. Mereka terdiri dari kameraman, editor, dan membuat efek lagu sendiri. Bahkan ada pula vlog yang merangkap dan bekerja individu. Ide kreatif mereka dituangkan dalam media Youtube. Youtube adalah sebuah situs web berbagi video, menggugah ataupun pengguna dapat menonton video. Dengan tersedianya media seperti youtube inovasi pada media massa dapat terjadi.
 
Teori Difusi Inovasi merupakan pendekatan yang digunakan dalam komunikasi pembangunan, terutama di negara berkembang seperti di Indonesia atau dunia ketiga. Everett M. Rogers mendefinisikan difusi sebagai proses dimana suatu inovasi dikomunikasikan melalui saluran tertentu dalam jangka waktu tertentu  di antara para anggota suatu sistem sosial. Difusi adalah suatu jenis khusus komunikasi yang berkaitan dengan penyebaran sebagai pesan-pesan sebagai ide baru. Sedangkan komunikasi adalah proses dimana para pelakunya menciptakan informasi dan saling bertukar informasi tersebut untuk mencapai pengertian bersama. Unsur utama dari difusi adalah (a) inovasi; (b) yang dikomunikasikan melalui saluran tertentu; (c) dalam jangka waktu tertentu; (d) diantara para anggota suatu sistem sosial.
 
Fenomena yang terdapat dalam vlog dapat berupa wawancara, liputan, kegiatan sehari-hari dari pembuat vlog tersebut, komedi ataupun dapat berupa pengetahuan. Hal ini serupa dengan fungsi komunikasi massa yang dikemukakan oleh Effendy (1993),yaitu fungsi sebagai informasi. Fungsi informasi ini diartikan bahwa media massa adalah penyebar informasi bagi pembaca, pendengar atau pemirsa. Berbagai informasi dibutuhkan oleh khalayak media massa yang bersangkutan sesuai dengan kepentingannya. Dalam vlog tersebut kita dapat belajar musik, teknik kamera ataupun kita dapat belajar bahasa asing. Sedangkan menurut Dominick (2001) fungsi komunikasi massa bagi masyarakat adalah sebagai hiburan (Entertaint), dalam vlog yang terdapat di youtube banyak yang menampilkan komedi pada vlog mereka. Ada juga film pendek yang dibuat oleh Agung Hapsah. Tayangan yang mereka tampilkan memang menarik. Kritikan dan masukan antar vlog pun tidak luput dari ide kreatif mereka.

Model komunikasi yang digunakan dalam komunikasi massa ini adalah uses and gratification. Model ini tidak tertarik apa yang dilakukan media pada diri seseorang, tetapi ia tertarik pada apa yang dilakukan orang terhadap media. Khalayak dianggap aktif menggunakan media untuk memenuhi kebutuhannya. Dalam vlog, khalayak menggunakan media medsos untuk berinteraksi dengan pemilik vlog. Bagi individu tertentu interaksi sosial yang terjadi dapat memenuhi kebutuhan komunikan. Sebagai contoh adalah vlog milik Agung Hapsah yang memberikan teknik penggunaan kamera yang memuaskan kebutuhan individu tertentu. Dapat juga vlog milik Raditya Dika yang mewawancarai penulis novel Dewi Lestari. Bagi penggemar Dewi Lestari, tentunya akan memberikan kepuasan dalam membedah novel yang ditulisnya. Youtube merupakan alternatif fungsional bagi interaksi yang sesungguhnya.

Referensi :
1. WIKIPEDIA
2. KOMUNIKASI MASSA Suatu Pengantar edisi revisi.Bandung : Penerbit buku SIMBIOSA REKATAMA MEDIA

Senin, 22 Februari 2016

ETIKA KOMUNIKASI


Terkadang seorang yang sudah memiliki gelar yang dibilang menguasai pemikiran yang tinggi dapat melakukan kesalahan dalam kehidupan sehari-harinya. Sebagai contoh adalah seorang dosen yang menguasai satu bidang pelajaran pun dapat melakukan kesalahan dari yang diajarkannya. Seseorang yang berbicara dengan orang lain, kemudian beliau ikut campur urusan orang lain tanpa diminta merupakan tidak ada etika komunikasi. Disadari atau tidak memang itulah yang terjadi pada kenyataannya. Beliau yang begitu menguasai bidang seperti psikologi komunikasi ataupun komunikasi massa pun tidak luput  dari kesalahan. Bagi orang berpikir positif adalah mungkin beliau sedang mencoba untuk teori yang pernah ada atau beliau bercanda dengan sikapnya. Tapi bagi orang lain pun tidak ada salahnya menilai beliau tidak memiliki etika dalam komunikasi. Disinilah menariknya dunia komunikasi, orang yang dianggap sudah ahli pun dapat tidak menyadarinya. Hal ini dapat menjadi sebuah bom waktu yang akan menyerang beliau. Disisi lain berita yang sudah berkembang akan merebak bagi khayalak kampus tersebut. Pandangan manusia yang menilai dari perilakunya tentu akan menilai tidak beretika dalam komunikasi. Etika menurut Drs.D.P.Simorangkir adalah pandangan manusia dalam berperilaku menurut ukuran dan nilai yang baik.

Kesadaran etis diperlukan manusia untuk mengetahui baik atau buruk. Cara berbicara yang sopan, cara menerima tamu di kantor atau di rumah dan cara berpakaian merupakan bentuk dari etiket. Etiket itu sendiri tidak tertulis dan harus ditaati pada lingkungan bermasyarakat. Etiket didukung oleh nilai-nilai berikut:

a)      Nilai-nilai kepentingan umum.

b)      Nilai-nilai kejujuran, keterbukaan, kebaikan

c)       Nilai-nilai kesejahteraan

d)      Nilai-nilai kesopanan, harga menghargai

e)      Nilai-nilai pertimbangan rasional, mampu membedakan sesuatu yang bersifat rahasia dan yang   bukan rahasia.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam berkomunikasi adalah sebagai berikut :

a)      Jangan mempergunjingkan orang lain;

b)      Jangan memotong pembicaraan

c)       Menjaga nada bicara, agar jangan terlalu keras

d)      Jika bersin sebaiknya mulut ditutup

e)      Menyimak lawan bicara atau memperhatikan lawan bicara

Kalangan pelajar dan mahasiswa pun tidak luput dari ketidaksadaran dalam ETIKA KOMUNIKASI. Etika Komunikasi itu sendiri memiliki pengertian norma, nilai atau ukuran tingkah laku baik dalam berkomunikasi di lingkungan bermasyarakat. Nilai-nilai yang ada pada etiket tidak sepenuhnya dilakukan atau ditaati kalangan dalam berkomunikasi. Dengan tidak menjalankan tiket, maka akan ada penilaian bagi pelajar atau mahasiswa yang tidak sadar dalam etika komunikasi.

Kamis, 18 Februari 2016

YOUR FIGHT

 
 
Bagi sebagian orang mungkin akan menyerah begitu saja apabila didera oleh berbagai macam rintangan. Tidak setiap orang dilahirkan untuk menjadi seorang yang kuat. Rintangan yang dialami seseorang dapat berupa tidak memiliki motivasi, tidak mampu untuk beradaptasi, tidak memiliki keterampilan atau sebagainya. Kualitas internal seperti ini dapat menjadi rintangan. Tetapi bagi sebagian orang yang berhasil, itu mereka jadikan sebuah kesempatan untuk merubahnya. Mereka percaya  rintangan dapat menghasilkan kegagalan, tetapi dari rintangan tersebut mereka menemukan jalan untuk keluar dari rintangan.Mereka dapat segera merespons krisis yang terjadi. Dengan cara memperbaiki kualitas internal dan mengembangkannya ditambah kesabaran pada prosesnya.
 
Orang yang menyadari bahwa ia memiliki kesempatan untuk mengembangkan dasar-dasar ketabahan adalah orang yang berpikir dengan cepat dan peka. Dengan pengalaman yang dijalani, ternyata mampu menghadapi tantangan. Dengan mengavaluasi pengalaman yang sudah pernah terjadi, kemudian membuat sebuah strategi untuk menjadi lebih baik. Berhasil menjalin hubungan yang positif dan memberi dukungan dan penerimaan.
 
Menetapkan pencapaian terbesar karier Anda adalah keputusan pribadi. Ini bisa sesuatu yang jelas atau samar. Tapi ini seharusnya membuat Anda bangga pada diri Anda dan memikirikannya. Jadi, berhenti sejenak lalu buat pilihan Anda.
 
His fight not my fight...


Kamis, 11 Februari 2016

MEDIA ONLINE yang BERPENGARUH TERHADAP PUBLIK


Dewasa ini media online banyak yang disuguhi berita yang dapat memancing khalayak untuk berpikir negatif atau memperburuk karakter seseorang. Medsos pun tidak kalah dengan posting yang menampilkan aktivitas sebuah lembaga. Sebagai contoh adalah ketika sebuah lembaga melakukan aktivitas untuk rekonsiliasi, seminar ataupun untuk merancang sebuah kebijakan. Bagi publik yang berpikir positif mungkin mereka jenuh dengan suasana ruangan, tetapi bagi sebagian khalayak dapat berupa pemborosan. Pengaruh media memang besar bagi berita atau postingan yang disiarkan. Postingan individu yang mewakili organisasi atau institusi dapat pula mempengaruhi citra dari sebuah lembaga. Hal ini merupakan komunikasi ekternal. Komunikasi ekternal adalah komunikasi antara pimpinan organisasi dengan pihak di luar organisasi, tetapi lebih banyak dilakukan oleh public relation officer. Komunikasi ekternal terdiri dari dua jalur, yaitu komunikasi dari organisasi kepada khalayak dan komunikasi dari khalayak kepada organisasi.

1.     Komunikasi dari organisasi kepada khalayak. Komunikasi dari organisasi kepada khalayak umumnya bersifat informatif yang dilakukan sedemikan rupa, sehingga khalayak merasa memiliki keterlibatan atau paling tidak hubungan batin dengan organisasi. Bentuknya adalah melalui media online, media cetak, atau media sosial.
2.      Komunikasi dari khalayak kepada organisasi. Ini merupakan bentuk umpan balik dari komunikasi yang dilakukan oleh organisasi. Informasi yang disebarkan oleh organisasi kepada khlayak dapat menimbulkan kontroversi, maka hal ini disebut sebagai public opinion. Opini publik ini sering kali merugikan organisasi, oleh sebab itu perlu segera ditangani(Effendy,2009).

Menghindar Keramain Kota,Dusun Bambu Bandung Aja

Bandung memang terkenal sebagai tujuan wisata yang menjadi pilihan pelancong di akhir pekan. Kita bisa wisata kuliner, wisata agro, wisata p...