Sabtu, 02 Mei 2015

SELAMAT HARI PENDIDIKAN INDONESIA

Raden Mas Soewardi Soerjaningrat atau Ki Hajar Dewantara sebagai pelopor pendidikan Indonesia adalah pendiri Perguruan Taman Siswa, suatu lembaga pendidikan yang memberikan kesempatan bagi para pribumi jelata untuk bisa memperoleh hak pendidikan seperti halnya para priyayi maupun orang-orang Belanda. ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani. ("di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat, di belakang memberi dorongan").  Pendidikan formal di era sekarang ini memang jauh berbeda dengan pendidikan pada zaman sebelumnya. Hak dalam meraih pendidikan jelas sangat berbeda dengan hak pendidikan di era sekarang ini. Sebagaimana diatur dalam UUD 1945  Pasal 31 :
* (1)   Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan.
* (2)   Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya.
* (3)   Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang diatur dengan undang-undang.
Perbedaan dalam pengajaran atau kualitas dari pendidik yang menjadikan mutu atau kualitas dari siswa. Pendidikan formal berkembang dengan pesat di Indonesia. Sekolah-sekolah Nasional plus semakin banyak di Indonesia. Kurikulum lama dengan kurikulum baru jelas terdapat perbedaan, menurut Ibu Dety Nokas (2/5/2015) ,guru salah satu sekolah Nasional Plus di Cikarang mengatakan “sistem pada kurikulum baru murid lebih diajak untuk berinteraktif sehingga nalar murid dapat lebih berkembang.” Dalam menghadapai Era Globalisasi sudah sewajibnya Bahasa Inggris diterapkan pada usia Sekolah Dasar. Sekolah Nasional Plus mengembangkan sistem pendidikan dengan menerapkan bahasa inggris di lingkungan sekolah. Pendidikan formal memang  dirasa sangat penting dalam perkembangan murid dalam berkembang, namun tidak jauh kalah pentingnya pendidikan informal dalam keluarga.

Sumber                                :

1.       http://jdihn.bphn.go.id/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menghindar Keramain Kota,Dusun Bambu Bandung Aja

Bandung memang terkenal sebagai tujuan wisata yang menjadi pilihan pelancong di akhir pekan. Kita bisa wisata kuliner, wisata agro, wisata p...