Jumat, 28 April 2017

Pengusaha, Karyawan dan UMP

Apa kabar UMP?

Upah merupakah hak yang didapatkan karyawan dalam bentuk uang. Hak karyawan ini diatur dalam undang-undang Pasal 1 ayat 30 UU No.13/2003 tentang ketenagakerjaan. Bahkan, dalam pasal 90 ayat 1 UU NO.13/2003 melarang pengusaha untuk membayar pekerja/buruh dibawah UMP yang telah ditetapkan.

Artikel http://www.hukumonline.com/klinik/detail/lt5118a676ad68c/bolehkah-menyepakati-upah-di-bawah-upah-minimum,membahas boleh atau tidak pengusaha membayar upah dibawah UMP yang ditetapkan. Opini dari situs tersebut membahas dengan jelas bahwa pengusaha tidak boleh membayar upah dibawah UMP yang ditentukan, kecuali terdapat penangguhan dari yang berwenang Gubernur daerah setempat.

Pada tahun 2013, terdapat pengusaha yang dipidanakan karena membayar upah pekerja dibawah UMP. Contoh kasus ini dapat menjadi pelajaran bagi pengusaha agar menghargai hak karyawan dan tidak meremehkan undang-undang yang berlaku. Pekerja memiliki hak dan kewajiban yang harus diselesaikan. Pengusaha dan pekerja dapat melakukan negosiasi ataupun cara lain agar menghindari sanksi yang dapat terjadi.




Rabu, 19 April 2017

KOMUNIKASI VERTIKAL & HORIZONTAL YANG GAGAL

Komunikasi vertikal adalah komunikasi antara karyawan dengan pimpinan, sedangkan komunikasi horizontal adalah komunikasi antara karyawan dengan karyawan lainnya atau komunikasi antar bagian dalam suatu organisasi.

Dalam organisasi sebuah komunikasi menjadi jembatan untuk menjalankan visi dan misi perusahaan. Pesan maupun makna yang disampaikan melalui komunikasi dapat mengalami kegagalan akibat pengolahan pesan yang tidak diolah dengan baik. Sikap spontan memang ada dalam komunikasi. Hal ini wajar saja karena sebagai manusia, kita dapat dipengaruhi dari kondisi fisik ataupun lingkungan yang tidak mendukung untuk mengolah informasi tersebut. Perbedaan pandangan antar divisi pun dapat terjadi, apabila tetap mempertahankan pandangan tiap divisi.

Pada contoh kasus, ada baiknya pimpinan untuk dapat mengolah informasi yang diterima agar karyawan tidak mendapat tekanan sebagai beban. Sebagai pimpinan memang memiliki wewenang untuk menolak, tetapi jika informasi yang diterima pimpinan kurang diolah sebagai akibat kurangnya pengetahuan akan informasi tersebut, tidak lebih pimpinan tersebut akan terlihat sebagai pelawak di mata karyawan.

Pengolahan pesan yang baik sebagai sumber untuk menyatukan persepsi menjadi hal yang tidak dapat ditolak. Apabila hal ini terjadi, maka perdebatan sebagai hasil dari komunikasi yang terjadi, baik itu komunikasi vertikal ataupun komunikasi horizontal. Saya pernah membaca tulisan Eileen Rachman pada media Facebook, " kita harus selalu mampu mencerna informasi, baik itu data maupun fakta baru dengan tepat".

Hal seperti ini tentu akan meredam perdebatan pada komunikasi yang terjadi. Pola pikir yang destruktif pun dapat terhindar dengan pengolahan pesan yang baik. Eileen Rachman sepakat akan arti dari komunikasi.


Kamis, 13 April 2017

Manajemen Komunikasi

Dalam organisasi perusahaan sebuah komunikasi penting dalam mencapai tujuan. Komunikasi itu sendiri dimaksudkan untuk mengubah sikap, opini, perilaku, masyarakat, dan lainnya. Tujuan disini pun diartikan agar setiap prosedur dapat dilaksanakan dengan baik. Dengan memiliki rencana & struktur setiap anggota dapat melakukan koordinasi dengan baik.

Komunikasi yang dijalin pun komunikasi informal, komunikasi interpersonal dan sebagainya. Komunikasi inilah yang menjadi peran agar terlaksananya tujuan organisasi. Setiap rencana ternyata memang dapat terjadi di luar rencana. Hal ini dapat terjadi karena kurangnya disiplin waktu. Kesigapan anggota organisasi merupakan hal yang mejadi perhitungan seorang pemimpin. Peran komunikasi dapat mengatur ulang jadwal dari rencana tersebut agar rencana tetap terlaksana dengan baik.

Project Manager sebagai penanggung jawab dapat lebih efektif jika dalam sebuah kegiatan terjadi penyelewengan rencana. PM dapat melakukan koordinasi dengan anggota agar kegiatan tersebut berjalan efisien.


Dare to be pro....

Selasa, 28 Maret 2017

Apa kabarnya Angkutan Sewa Online saat ini?

Resistensi yang dilakukan oleh pengemudi ataupun partner dari jasa angkutan sewa online, mengakibatkan penundaan permenhub 32/2016 yang sudah diundangkan sejak tahun lalu. Pemerintah mendukung penggunaan aplikasi digunakan pada kendaraan sewa, namun dari pelaksanaan di lapangan pengemudi tidak menyikapi atau beritikad dengan baik dalam menjalankan peraturan dari pemerintah. Dengan memberi kelonggaran waktu dan keinginan dari pemilik kendaraan seperti menggunakan plat hitam, namun harus menggunakan sim kendaraan bermotor umum.

Apakah baik hal seperti ini? saya pernah bertanya kepada beberapa partner dari angkutan sewa online, mereka tidak setuju dengan rencana stnk atas nama perusahaan dan sim harus menggunakan sim umum. Pada kenyataannya mereka adalah pegawai dari salah satu perusahaan. Bagaimana ini? bukankah dalam melamar pekerjaan terdapat persyaratan untuk bersedia melepas pekerjaan dengan perusahaan lain. Mentalitas masyarakat saat ini, sudah pada tahap awas. Dengan kendaraan sebagai pengangkutan sewa orang dengan dikenakan biaya, namun menggunakan sim kendaraan bermotor umum. Hal ini tentu membantu bagi pengemudi kendaraan umum yang ingin beralih untuk menjadi pengemudi angkutan sewa online. Namun, akan lucu apabila pengemudi tersebut adalah pemilik dari kendaraan dan memiliki sim untuk perseorangan. 

Kebijakan pemerintah apakah sudah baik? memang nilai positif apabila ditimbang dari kelebihan ekonomi kerakyatan. Masyarakat dapat berwirausaha dan teknologi informasi menjadi pendukung dalam usaha, tetapi tetap saja menjadi momok bagi mereka yang tidak melek dengan teknologi. Mereka akan tergusur dan melakukan aksi untuk mempertahankan haknya.


Salam hangat...



Jumat, 24 Maret 2017

EFISINESI & EFEKTIF

Manajemen digunakan untuk mencapai tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. Efisiensi dan Efektivitas salah satu cara yang digunakan sebagai patokan. Manajemen yang baik akan memudahkan terwujudnya tujuan perusahaan maupun lembaga. 

Dalam perusahaan perlu adanya sebuah manajemen yang baik. Struktur organisasi yang sebagai acuan untuk melakukan tugas dan fungsinya. Jika tugas dan fungsi ini tidak dilakukan, maka dapat menimbulkan sebuah konflik. Dengan tujuan yang terlaksana dengan baik, maka suatu kerja organisasi dapat diukur dengan banyak cara yang berbeda. 

Manajemen komunikasi memiliki peran agar tujuan dari perusahaan terpenuhi. Bagi perusahaan yang baru berdiri merupakan sebuah langkah tepat untuk membentuk sebuah struktur organisasi. Dengan adanya manajemen, langkah selanjutnya yang dilakukan adalah memberikan motivasi kepada karyawan. Namun, dalam hal ini salah satu hal yang penting adalah efisiensi dan efektif.

Mentalitas dan integritas karyawan menjadi faktor akan berhasilnya efisiensi dan efektif. Mentalitas dan integritas tentu diasah dengan pengalaman dan proses pembelajaran. Komunikasi interaksional yang terjadi pun dapat mempengaruhi hasil dari efisiensi dan efektif bagi perusahaan. 



BAHAN BACAAN :

1. MANAJEMEN KOMUNIKASI

Rabu, 08 Maret 2017

MENGERTI ORANG ITU SERU LOH!!!


Bagi orang yang mendapatkan tempat kerja yang baru mau tidak mau ada proses adaptasi. Dari mengenal karakter orang dan kemampuan yang dimiliki. Memang tidak semua pekerjaan dapat dilakukan oleh satu orang saja atau one man show. Meskipun, kemampuan orang tersebut boleh dibilang memiliki banyak talenta. Ada manusia yang ingin dimengerti dan ada manusia yang ingin mengerti manusia lainnya. Namun, ada baiknya juga kita mengetahui kemampuan kita sejauh mana.

Dari rasa ingin mengenal karakter orang tersebut akan ada sebuah pemikiran yang sama dalam sebuah komunikasi yang akan terjadi. Dari pemikiran yang sama tadi akan memunculkan rasa ingin menghargai dan menghormati manusia. Dengan adanya rasa saling menghargai dan menghormati tersebut sebuah pendapat yang berbeda dapat disamakan demi tercapainya suatu tujuan.

Rasa ingin menang sendiri atau merasa paling benar tentu akan menghambat manusia untuk mengerti orang lain. Manusia memang memiliki amarah yang dapat membuat manusia itu menjadi sebuah badut di depan orang lain. Amarah dan merasa paling benar akan lebih baik diredakan dan dihilangkan demi pandangan yang baik bagi orang lain. 

Semoga bermanfaat.....



Sabtu, 25 Februari 2017

FOTO JURNALISTIK

Foto Jurnalistik merupakan foto yang mengandung informasi, kemudian ditampilkan pada sebuah media. Foto Jurnalistik pertama adalah foto Perang Crimean ( Perang antara Rusia dan kekaisaran Otoman). Seorang lithographer dan pelukis Carol Szatmari mendokumentasikan kejadian tersebut, kemudian media Inggris tertarik untuk mempublikasikan foto Carol Szatmari ke khalayak luas.

Sebuah foto dapat dijadikan foto jurnalistik, apabila diberitakan di media massa cetak ataupun elektronik. Sebuah foto bunga atau pohon di pinggir jalan pun dapat dijadikan foto jurnalistik. Tidak terlalu sulit untuk membuat foto jurnalistik.

Contoh foto jurnalistik
ANGGREK BULAN

Foto tersebut saya ambil ketika berlibur. Kesan pertama melihat tanaman ini adalah saya ingin memotretnya. Tanaman ini menarik karena warnanya menggoda untuk difoto. Pemilik tanaman ini berhasil untuk merawat salah satu bunga nasional Indonesia.
ANGGREK BULAN


SUMBER :
1. FOTOGRAFI untuk Pemula dan Orang Awam
2. Foto adalah dokumentasi pribadi penulis


Menghindar Keramain Kota,Dusun Bambu Bandung Aja

Bandung memang terkenal sebagai tujuan wisata yang menjadi pilihan pelancong di akhir pekan. Kita bisa wisata kuliner, wisata agro, wisata p...